Sunday, October 25, 2020

SISTEM KEMUDI SEPEDA MOTOR

  

SISTEM KEMUDI SEPEDA MOTOR 

1

. PENGERTIAN SISTEM KEMUDI Sistem kemudi berfungsi untuk membengkokkan roda depan ke kiri dan ke kanandengan cara mempergunakan tenaga tangan melalui batang kemudi (stang) yang diteruskan kegarpu depan (front fork)Kelengkapan kemudi berfungsi sebagai pengarah jalan kendaraan. Selain penampilan pendeknya stang kemudi merupakan unsure lain yang harus diperhitungkan.Batang kemudi yang panjang akan ringan digerakkan, namun kendaraan menjadi kuranglincah. Sebaliknya batang kemudi yang pendek membuat gerakan kendaraan menjadi lincah,namun berat untuk dikendalikan.2. KOMPONEN SISTEM KEMUDIA.Steering Coloumn

Steering coloumn

 atau batang kemudi merupakan tempat poros utama. Steeringcoloumn terdiri dari

main shaft

yang meneruskan putran roda kemudi ke

 steering  gear 

, dan

 coloumn tube

 yang mengikat main

 shaft 

 ke body. Ujung atas dari darimain

 shaft 

 dibuat meruncing dan bergerigi, dan roda kemudi diikatkan ditempattersebut dngan sebuah mur. Steering coloumn juga merupakan mekanisme penyerapenergi yang menyerap gaya dorong dari pengemudi pada saat tabrakan. Ada 2tipe

 steering coloumn

 yaitu :

a.

 Model

collapsible

Model ini mempunyai keuntungan : apabila kendaraan berbenturan / bertabrakan dan steering gear box mendapatakan tekanan yang kuat, maka main

 shaftcoloumn

 atau

bracket

akan runtuh sehingga pengemudi terhindara dari bahaya.Kerugiannya adalah : main

 shaft 

nya kurang kuat, sehingga hanya digunakan padamobil penumpang atau mobil berukuran kecil. Konstruksinya lebih rumit.


 

 b. Model non

 collapsible

Model ini mempunyai kuntungan : main shaftnya lebih kuat sehingga banyakdigunakan pada mobil mobil besar atau mobil mobil kecil, konstruksinya sederhanakerugiannya adalah : Apabila berbenturan dengan keras kemudian tidak dapatmenyerap goncangan sehingga keselamatan pengemudi relatif kecilB. Steering Gear Steering gear berfungsi untuk mengarahkan roda depan dan dalam waktu yang bersamaan juga berfungsi sebagai gigi reduksi untuk mengikatkan momen agarkemudian menjadi ringan.Steering gear ada beberapa tipe dan yang bayak digunakan adalah tiperecirculating ball dan rack and pinion. Berat ringannya kemudi di tentukan oleh besarkecilnya perbandingan steering gear dan umunya berkisar antara 18 sampai 20 : 1.Perbandingan steering gear yang semakin besar akan menyebabkan kemudi semakinringan, akan tetapi jumlah putarannya semakin banyak, untuk sudut belok yang sama.Selain untuk mengarahkan roda depan, steering gear juga berfungsi sebagaigigi reduksi untuk meningkatkan momen agar kemudi menjadi ringan. Untuk itudiperlukan perbandingan reduksi yang disebut perbandingan steering gear, perbandingan yang semakin besar akan menyebabkan kemudi menjadi semakinringan, tetapi jumlah putrannya akan bertambah banyak, untuk sudut belok yang sama.Ada beberapa tipe steering gear, tetapi yang banyak digunakan orang orang sekarangini adalah :· Tipe yang pertama, digunakan pada mobil penumpang ukuran sedang sampai besar dan mobil komersial.· Tipe yang kedua, digunakan pada mobil penumpang yang ukuran kecil sampaiyang berukuran sedang.Ada beberapa bentuk dari steering gear box, diantaranya :1. Model

Worm dan Sector Roller Worm gear

 berkaitan dengan sector roller di bagian tengahnya. Gesekannya dapatmengubah sentuhan antara gigi dengan gigi menjadi sentuhan menggelinding.


 

2. Model

worm

 dan

 sector 

Pada model ini

worm

 dan sector berkaitan langsung.

3.

 Model

 screw pin

Pada model ini pin yang berbentuk tirus bergerak sepanjang worm gear.

4.

 Model

 screw

 dan

nut 

Model ini dibawah main shaft terdapat ulir dan sebuah nut terpasang padanya. Padanut terdapat bagian yang menonjol dan dipasangkan tuas yang terpasang padarumahnya.

5.

 Model

 recirculating ball 

Pada model ini, peluru-peluru terdapat dalam lubang-lubang nut untuk membentukhubungan yang menggelinding antara nut dan worm gear. Mempunyai sipat tahan ausdan tahan goncangan yang baik.

6.

 Model

rack and pinion

Gerakan putar pinion diubah langsung oleh rack menjadi gerakan mendatar. Modelrcak and pinion mempunyai kontruksi sederhana, sudut belok yang tajam dan ringan,tetapi goncangan yang diterima dari permukaan jalan mudah diteruskan ke roda depan.C. STERING LINGKAGESteering linkage terdiri dari rod dan arm yang meneruskan tenaga gerak daristeering dear ke roda depan. Walaupun mobil bergerak naik dan turun, gerakan rodkemudi harus diteruskan ke roda-roda depan dengan sangat tepat setiap saat. Ada beberapa tipe steering linkage dan konstruksi join yang dirancang untuk tujuantersebut. Bentuk yang tepat sangat mempengaruhi kestabilan pengendaraan.


No comments:

Post a Comment