Tuesday, July 28, 2020

SISTEM SUSPENSI SEPEDA MOTOR

Sistem Suspensi

 

1.     Fungsi Sistem Suspensi

a)    Menghubungkan roda dengan rangka

b)    Menyerap guncangan akibat kondisi jalan

c)     Mengurangi ayunan pegas


 



 


2.     Jenis Sistem Suspensi (Peredam Kejut)






3.    
Garpu Teleskopik

a)    Pada saat pipa garpu bergerak menekan, oli dari ruang b mengalir melalui lubang pada pipa garpu menuju ruang c, oli juga mengalir melalui free valve menuju ruang a. Tahanan oli yang mengalir inilah yang menahan gerakan kejut.

b)    Bagian ujung oil lock piece menahan gerakan garpu sebelum garpu menyentuh bagian bawah.



4.     Membuka dan Memeriksa Bagian Garpu Teleskopik

a)    Keluarkan udaranya ( tipe GL Max & GL Pro)

b)    Kendorkan socket bolt bawah sambil bottom dijepit ragum dan dilapisi kain lap

c)     Lepas tutup garpu lalu keluarkan pegas

d)   Keluarkan olinya

e)   Lepaskan socket bolt dengan kunci hexagonal

f)      Buka dust seal dan snap ring

g)   Ganti oil seal jika rusak



 

h)  
Melepas oil seal garpu depan




i)   Periksa panjang pegas


 

j)  
Periksa bottom dari kerusakan



k)   Periksa keolengan pipe com


 

l)   Proses pemasangan oil seal

-   Lapisi sil oli dengan oli shock yang baru

-   Pasang Sil dengan tanda menghadap keatas

- 
Masukan Sil ke tempatnya, dorong sil dengan fork seal driver

 

m)    Pemasangan bolt socket dengan menggunakan loctite



n)   Proses pengisian oil front fork

-  Isikan oli garpu jenis ATF (Automatic Transmission Fluid) / oli shock HGP

-   Gunakan Gelas Ukur

-   Pasang dan kencangkan baut penutup



Kapasitas oli garpu depan tiap tabung

 

o)  
Jenis pegas dan pemasangannya

-  Jika ujung pegas keduanya tirus serta memiliki keregangan yang sama maka dapat dipasang menghadap ke atas atau ke bawah.

-  Jika kedua ujung tirus salah satu memiliki keregangan gulungan, maka bagian yang rapat dipasang di bawah.





5.    Suspensi Belakang Jenis Conventional Dual Spring


 

Alat khusus yang digunakan untuk melepas pegas pada suspensi belakang yaitu Shock Absorber Compressor.


 

Membuka mur pengunci pada suspensi belakang:



Pemeriksaan panjang pegas:


 


Ganti set jika terjadi kerusakan:



No comments:

Post a Comment